Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau Sukses Gelar Olimpiade Kimia 19 Se-Riau

0
220

PEKANBARU (HALUANPOS.COM)– Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia (HIMAPROSTPEK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau sukses gelar acara Olimpiade Kimia 19 se-Riau pada tanggal 9-14 Januari 2023 lalu dengan tema “Mewujudkan Kimiawan Muda yang Berjiwa Inovatif, Kompetitif, dan Prestatif di Bumi Lancang Kuning”.

Olimpiade kimia tahun ini akhirnya kembali digelar secara luring dimana sebelumnya dilaksanakan secara semi-daring dengan perlombaan yang berbeda pula.

Olimpiade kimia merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia yang melibatkan mahasiswa, alumni, serta para dosen yang ikut membatu dalam menyukseskan acara ini. Sesuai dengan temanya, Olimpiade Kimia ini memiliki kontribusi terhadap negara dalam prestasi dan diadakan sebagai bentuk perwujudan untuk mendukung tujuan pendidikan nasional.

MENARIK DIBACA:  Pemilihan Ketua Angkatan DIKLATDA HIPMI RIAU Sengit, Dimenangkan oleh Syu'ib

Tahun ini ada 8 cabang perlombaan yang dilombakan, yaitu Uji Kemampuan Tertulis, Chemistry Poster, Asah Kemampuan Kimia SMA, Ranking 1, Musikalisasi Puisi Tajuk Kimia, Atraksi Kimia SMA, Cerdas Cermat SMA, dan Karya Tulis Ilmiah Nasional. Selain itu, Olimpiade Kimia ini juga mengadakan Pelatihan untuk dosen, guru dan Mahasiswa se-Indonesia dengan tema “Implementasi Kurikulum Merdeka, Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Olimpiade Kimia dibuka secara resmi oleh Dr. Hermandra, M.A, selaku Wakil Dekan III FKIP Universitas Riau. Dalam kata sambutannya, beliau mengatakan bahwa olimpiade kimia untuk meningkatkan prestasi dan ukhuwah. “Olimpiade Kimia diadakan untuk meningkatkan prestasi dan juga ukhuwah yaitu tali persaudaraan seperti guru-guru lulusan Pendidikan Kimia yang mengajak para peserta didiknya untuk dapat mengikuti Olimpiade Kimia ini,” ujarnya.

MENARIK DIBACA:  65 Kader JKN KIS Tagih Tunggakan Peserta BPJS

“Dengan adanya Olimpiade Kimia, para peserta dapat memunculkan sifat yang inovatif, memiliki jiwa kompetitif yang nantinya menghasilkan kemenangan sehingga menjadi orang yang berprestasi”, ujar M.Robby selaku bupati HIMAPROSTPEK.

Olimpiade Kimia 19 tahun ini diikuti oleh 378 siswa SMA dan SMP, serta guru dan mahasiswa.

“Dalam lomba pasti ada yang menang dan ada yang kalah maka yang menang janganlah terbang dan yang kalah janganlah berkecil hati karena jika kamu memiliki jiwa yang kompetitif, kamu bisa mengikuti lomba-lomba di acara lain. Orang-orang yang juara di Olimpiade Kimia ini pastilah orang-orang yang akan menjadi juara di tingkat nasional nanti”, ucap bapak Abdullah, M.Si selaku koordinator Program Studi Pendidikan Kimia dalam acara penutupan Olimpiade Kimia lalu.

MENARIK DIBACA:  Gubri Sebut Baznas Sangat Membantu Program Pemerintah Daerah

“Semoga yang mengikuti Olimpiade Kimia ini merupakan generasi-generasi yang berpotensi dan berkompeten di Bumi Lancang Kuning ini. Dan bagi yang belum menang tetaplah semangat dan ikuti Olimpiade Kimia selanjutnya”, ucap Ketua Pelaksana Olimpiade Kimia yaitu Yakobus Y. Waruwu. (Rls)