LANGSA(HPC)  – kegaiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM ) kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa tahap III tahun 2018 yang di tempat di Kota Langsa mengadakan kegiatan akhir yaitu Festival KPM yang di pusatkan di gedung DPD II KNPI Kota Langsa, berlangsung pada 22-26 november 2018. Kamis (22/11/2018).

Kegiatan Festival tersebut di buka Pemerintah Kota Langsa dalam hal ini di wakili oleh Abdullah Gade,M.Pd asisten II Pemerintahan Kota Langsa yang kerap di sampa dengan panggillan Waled (Ayah).

Dalam Sambutannya waled menyampaikan apresisasi sepenuhnya kepada mahasiswa KPM IAIN Langsa, semoga dengan apa yang di laksanakan oleh mahasiswa dapat membuahkan hasil, kita berikan nilai plus kepada para panitia yang mempersiapkan kegiatan selama empat hari ini.

Selanjutnya Irwansyah ketua panitia kegiatan Festifal mengatakan , ”kegaiatan ini adalah kegiatan gabungan tiga kecamatan yang menjadi wilayah tempat mahasiswa KPM, yaitu Langsa Lama, Langsa Barat dan Langsa Timur.” Ujarnya.

Kegiatan ini merupakan inisiatif dari para mahasiswa untuk mengadakan kegiatan gabungan.

”iya, untuk kali ini kita tidak mengadakan kegiatan perkecamatan, tetapi kita bergabung dengan tiga kecamatan dan mengadakan satu kegiatan bersama, dan ini merupakan inisiatif dari teman-teman, dengan mengadakan 9 cabang lomba.” Tuturnya.

Kemudian ia juga menambahkan dengan kegiatan gabungan ini para peserta lebih kompetitif, karena para peserta bukan hanya dari satu kecamatan saja.Proses pembukaan juga dimeriahkan dengan penampilan tarian ranup lampuan yang di pesembahkan oleh sanggar tari gampong mutia.

Adapun 9 cabang yang di perlombakan yaitu, baca puisi islami, Kaligrafi Khat Naskhi, Fashion Show, Tarian Kreasi, Pidato, Shalat Fardhu Kifayah, Azan, Catur dan Futsal KPM Cup. yang memperbutkan juara terbaik desa dan juara terbaik kecamatan.

Usai mengadakan pembukaan Festival KPM IAIN Langsa Tahap III, kegiatan di lanjutkan dengan Seminar Motovasi dengan menghadirkan Putra-putri Langsa yang berprestasi di kancah nasional dan internasional.

“Kita Hadirkan Putra terbaik langsa dalam kegiatan seminar motovasi, kita undang bang Mukhtar,A.Md ketua KNPI Langsa dan Bang Muslem,SH.I, MM anggota DPR-RI,” Ujar Irwansyah saat memandu kegiatan.

Sementara itu Fahrul Razi saat di wawancarai awak media mengatakan, tujuan seminar kita untuk para mahasiswa yang sedang melakukan kuliah pengabdian masyarakat di wilayah Kota Langsa,

sehingga dengan adanya seminar tersebut kita beharap para peserta KPM bisa termotivasi untuk semakin berinovasi di desa-desa meski kegiatan pengabdian tersebut tinggal beberapa hari lagi.