Pemerintah Desa Sontang Dukung IRMB, BMRB, Pemuda Desa. Dan Puskesmas Bagi Masker ke Masyarakat

0
101

SONTANG (HPC)- Pemerintah Desa Sontang Mendukung Penuh kegiatan Bagi Bagi Masker Oleh Ikatan Remaja Masjid Besar (IRMB) Kec. Bonai Darussalam, Pemuda Desa Sontang, DPC. ( Barisan Muda Riau Bersatu) BMRB KEC.Bonai Darussalam, Pemuda Desa Sontang Bekerjasama Puskesmas kec. Bonai Darussalam.

Kegiatan ini Membangikan 3000 Masker Kepada Masyarakat Desa Sontang Kecamatan Bonai Darussalam Untuk Mengantisipasi tingginya Pengidap Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Pembagian itu berlangsung di dua tempat yakni Jalan syekh muhammad kayo. Kompleks perkantoran Pemdes Sontang dan jalan Provinsi, di depan Kantor Camat Bonai Darussalam , Kamis (12/9/2019).

Hal ini di sampaikan oleh Sekretaris Desa Sontang Mulyadi. SE. Sy, yang juga Pembina Ikatan Remaja Masjid Besar ( IMRB) Kec. Bonai Darussalam Mulyadi, SE.Sy., yang merupakan Ketua. DPC. Barisan Muda Bonai Bersatu ( BMRB) Bonai Darussalam.

MENARIK DIBACA:  Satnarkoba Polres Aceh Tamiang Bekuk Dua Pengedar Narkoba Jenis Ganja

” ya pembagian Masker tersebut untuk mengedukasi kepada Masyarakat agar tidak terpapar secara langsung kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang saat ini sedang berlangsung.” kata Mulyadi.

Mulyadi menambahkan Sebab, polusi udara yang tak sehat dapat menimbulkan gejala penyakit ISPA kepada masyarakat khusunya kec. Bonai Darussalam Terlebih lagi saat beraktivitas di luar rumah.

“Nah jadi Masyarakat harus sadar, penggunaan masker ini untuk mencegah agar tak terkena ISPA,” tambah Mulyadi.

Mulyadi yang juga Sekdes Sontang pun mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan selama kondisi kualitas udara yang terus menurun akibat terpapar kabut asap.

“Kita juga sudah membuat surat himbuan kepada warga Desa Sontang untuk mengurangi aktivitas sehari hari di luar rumah khusus kepada ibu- ibu menyusui dan anak anak, melihat kabut asab di wilayah kita sudah semakin tebal, Untuk kecamatan bonai sudah ada yg melapor ke pihak puskesmas, akibat asap ini banyak yg mengidap penyakit seprti ISPA.” terangnya.

MENARIK DIBACA:  Jum'at barokah Polresta Pekanbaru Kunjungi Panti Asuhan

Sedangkan Kepala Puskesmas Bonai Maradona Ritonga. SKM menghimbau agar Masyarakat dapat Melakukan Pemeriksaan ke Puskesmas.

“Masyarakat diharapkan melakukan pemeriksaan secara langsung ke layanan kesehatan jika ada keluhan ISPA. Kita imbau warga untuk memakai masker,” tambah kepala puskesmas Bonai Darussalam Maradona Ritonga, SKM. (Rls/mul)