Sekda Meranti dan Kabinda Riau Tinjau Fasilitas Publik di Kecamatan Rangsang

0
19

MERANTI (HPC) –Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Daerah Provinsi Riau Marskal Pertama Rachman Haryadi didampingi Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, melakukan peninjauan Fasilitas Publik dan Pos Keamanan di Kecamatan Rangsang, peninjauan ini dapam rangka melihat perkembangan daerah dan memantau seberapa besar potensi kerawanan yang terjadi didaerah perbatasan tersebut, Kamis (18/1/2018).

 

Turut mendampingi Kabinda Riau dan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Camat Rangsang Said Jamhur, Kepala BPBD Meranti Edi Afrizal, Kepala Kantor Kesbangpolinmas Meranti Asrizal Harahap, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekda Meranti Mulyadi, Kapolsek Rangsang dan jajaran.

 

Lokasi pertama yang ditinjau adalah Pelabuhan Pecah Buyung Kecamatan Rangsang, dalam peninjauan Pelabuhan yang dibangun dengan dana APBN secara Multy Years tersebut Sekda menjelaskan akan dibangunya fasilitas Rol Out-Rol On (RoRo) penghubung. Selain itu juga melihat batu penahan ombak untuk mencegah terjadinya abrasi dibibir pantai karena seperti diketahui abrasi yang terjadi didaerah ini cukup memprihatinkan.

 

Selanjutnya meninjau Pantai Tanjung Motong Desa Permai Kecamatan Rangsang dan terakhir meninjau Pos Sandar Polisi Air dan Udara (Airud) Bantar, untuk melihat titik titik kerawanan dan mengcek personil pengamanan beserta fasilitas yang dimiliki seperti kapal cepat dan lainnya.

 

Dalam peninjauanya Kabinda Provinsi Riau Marskal Pertama Rachman Haryadi menyempatkan diri untuk berdialog dengan Camat Rangsang Said Jamhur dan Kepala Desa Permai terkait penggunaan dana Desa yang diperuntukan untuk membangun berbagai fasilitas publik. Pada kesempatan itu Kabinda Riau mengingatkan kepada Camat dan Kepala Desa untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran Desa yang cukup besar ini untuk pembangunan fasilitas publik di Desa mulai dari pelabuhan rakyat, jalan, jembatan dan lainnya. Seperti diketahui di Era Jokowi saat ini Pemerintah menggelontorakan dana yang cukup besar kepada desa dengan tujuan pemerataan pembangunan hingga kepelosok negeri.

 

Kabinda Riau  berharap anggaran yang cukup besar itu jangan sampai sia sia atau diselewengkan dan ia juga menekankan jangan sampai anggaran itu ditahan-tahan apalagi diperuntukan untuk hal yang tidak bermanfaat bagi masyarakat.

 

Sekedar informasi, kunjungan kerja Kabinda Riau hari Kamis pagi (18/1) ini merupakan kunjungan terakhirnya di Kepulauan Meranti setelah sebelumnya bersama Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si telah meninjau Pelabuhan I Selatpanjang gudang bongkar muat barang, dan Pelabuhan Dorak Selatpanjang yang maaih dalam proses pembangunan. Sebelumnya lagi Kabinda Riau Marskal Pertama Rachman Haryadi juga bersilahturahmi dengan jajaran Pemda dan tokoh masyarakat.  (hms)