ACEHTIMUR(HPC)- Memasuki hari Kelahiran Rasulullah SAW Pada, Selasa., (20/11/18) atau 12 Rabiul Awal 1440 Hijriah. Puluhan ribu masyarakat dari berbagi aerah di indonesia Khusunya Aceh, menggelar perayaan Maulid Nabi tersebut.

Seperti Desa Blang Guci Salah satu desa di Kecamtan idi Tunong Kabupaten Aceh Timur yang turut merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW tepat di hari 12 rabiul Awal.

Berdasakan Ketua Pemuda / Ketua Karang Tarna Tunas Muda Desa Blang Guci Fakhrizal menyatakan, perayaan Maulid Nabi ini merupakan Ajang tahunan dan merupakan hari besar islam, dimana sang Panglima pangkuan umat islam didunia lahir di hari tersebut, dan perayaan kelahiran nabi juga merupakan tradisi dari turun-temurun pada leluhur kita.

“ Perayaan Maulid Nabi ini merupakan ajang tahunan yang diselengarakan diseluruh daerah  seperti Didesa Blang Guci. Perayaan ini merupakan tradisi leluhur yang harus di rayakan tepat di hari 12 rabiul Awal. Makanya tepat di hari tersebut kita bersama Pemuda Karang Taruna serta Perangkat Desa, Imam Desa serta Tuha Pet dan masyarakat bersama-sama bergotong royong untuk menyukseskan acara tersebut.” Jelas Fakhrizal kepada haluanpos.com dilokasi perayaan tersebut.

Berdasarkan pantauan haluanpos.com. perayaraan Maulid Nabi Muhammad Saw tersebut dirayakan dengan makan kenduri bersama masyarakat dari desa tetangga dan unsur masyarakat sekitar, selain itu perayaan tersebut juga disajikan dengan Zikir atau yang sering disebut dengan bahsa aceh” Dikey”.Pertunjukan zikir itu di darikan dari kreasi santri Dayah Babut Taqwa dan Dayah Lhok Panjou. Acara yang di mulai dari pagi hingga setengah hari tersebut berlangsung hidmat dan meriah.

Laporan :14m