2000 Bibit Pohon di Tanam Mahasiswa Kukerta Tamatik UNRI di Desa Sungai Tengah

0
105

SIAK (HPC)-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Tematik Universitas Riau bersama masyarakat lakukan pembagian dan penanaman 2000 bibit pohon yang dilakukan di semua wilayah Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak. Pembagian dan penanaman bibit pohon ini dilakukan pada tanggal 14 Agustus hingga 17 Agustus 2019. Kegiatan ini pun disambut baik oleh seluruh masyarakat Desa Sungai Tengah.

Adapun bibit pohon yang dibagikan dan ditanam di Desa Sungai Tengah ini yaitu matoa, durian, trembesi, nangka, sirsak, pinang, dan gaharu. Pemilihan jenis bibit tersebut berdasarkan pada hasil survey tim Kukerta Universitas Riau terhadap kondisi geografis Desa Sungai Tengah, agar bibit yang dibagikan dan ditanam lebih tepat sasaran. Bibit tersebut didapat dari Dinas LHK Provinsi Riau. Pihak Dinas LHK Provinsi Riau menyampaikan bahwa jumlah bibit yang dibagikan dan ditanam di Desa Sungai Tengah merupakan jumlah terbanyak yang dilakukan oleh mahasiswa Kukerta.

MENARIK DIBACA:  DPD Laskar Melayu Rembuk dan Ormas Pekat-IB Kepung PT Surya Intisari Raya Perawang

Dalam tahapannya, bibit dibagikan dan ditanam di tempat umum seperti lapangan, SMK, SD, mesjid, musholla, tempat wisata BJ GO GREEN dan SBST, dan sebagainya.
Kemudian bibit dibagikan kepada setiap masyarakat agar ditanam di sekitar rumah masing-masing. Jenis bibit yang dibagikan yaitu jenis pohon berbuah.
Selain itu, mahasiswa Kukerta Universitas Riau juga melakukan penanaman bibit di sepanjang jalan Dusun Mekar Jaya.

Harapannya dengan dilakukan pembagian dan penanaman bibit ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan menanam pohon akan membantu mengurangi dampak pemanasan global dan dapat mengurangi resiko bencana alam seperti banjir serta dapat menghasilkan buah sehat dan segar dari pohon langsung.(rls)

MENARIK DIBACA:  Kota Siak Jadi Tempat Liburan Favorit Tahun Baru 2017 di Riau