Bidang Seni dan Bahasa Disbud Riau, Gelar Acara Pembinaan Kesenian Dimasa Pandemi

0
55

PEKANBARU(Haluanpos.com) – Secara resmi, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen membuka acara Pembinaan Kesenian Yang Masyarakat Pelakunya Lintas Daerah Kabupaten/kota dengan tema” Seni Dimasa Pandemi” dihotel Alpha kota Pekanbaru, Selasa(30/3/2021).

Usai membuka acara, Raja Yoserizal Zen mengatakan, Bahwasanya Kita dari Dinas Kebudayaan Provinsi Riau selalu melakukan kegiatan, baik kegiatan bersifat pembinaan, workshop ataupun pelatihan, pergelaran hingga sampai proses pengusulan karya budaya tak benda yang sesuai amanat UU No 5 Th 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Maka dari itu, Disbud Riau mengupayakan berbagai langkah untuk upaya pelindungan objek kebudayaan, di samping upaya pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan,” ungkap Yoserizal Zen

Usai membuka Acara, Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen berphoto bersama dengan narasumber serta Kabid Seni dan bahasa Reni Amzah.
Usai membuka Acara, Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen berphoto bersama dengan narasumber serta Kabid Seni dan bahasa Reni Amzah.

Namun untuk mengangkat serta mengusulkan karya budaya yang ada didaerah bukanlah hal yang mudah, perlu kajian, kerjasama dan modal. Perlu diketahui, bahwa kondisi perjuangan kita untuk meraih WBTb tidak sama dengan Provinsi lain, terutama pada porsi anggaran. Namun kita bersyukur karena ada beberapa pihak yang mau bekerjsama dengan Disbud Riau.

MENARIK DIBACA:  RSUD Arifin Achmad Siapkan 10 Vaksinator

Jadi kita berharap kepada pemerintah daerah yang telah mendapatkan pengakuan karya budaya agar tetap melakukan pembinaan sebab kalau tidak, pengakuan tersebut akan dicabut,” ungkap Yoserizal Zen

Untuk itu, dengan acara Pembinaan ini hendaknya kawan seniman bisa mengeksplorasi terhadap kesenian yang ada, termasuk mengeksplorasi tentang jalur rempah yang diusulkan untuk menjadi warisan budaya dunia ke Unesco,” tantang Yoserizal Zen kepada seluruh peserta acara Pembinaan kesenian.

Sementara itu, Reni Amzah selaku Kabid Seni dan Bahasa Disbud Riau menambahkan, Adapun acara Pembinaan Kesenian ini diikuti seniman dari perwakilan Kabupaten dan kota. Pembinaan ini bertujuan untuk membangkitkan kreativitas cinta kepada seni budaya yang di Bumi Lancang Kuning ini,” ungkap Reni Amzah selaku ketua panitia.

MENARIK DIBACA:  SAH,Rahmad Handayani Ditunjuk Pimpin Ketua Forum Pemred Riau Periode 2021-2024

Namun dimasa pandemi Covid-19, kita dari panitia acara tetap mengikuti Prokes, maka jumlah peserta dibatasi termasuk jadwal acara Pembinaan Kesenian ini dipersingkat yakni dimulai pada 30 s/d 31 Maret 2021. Sedangkan untuk para nara sumber kita mengundang seniman Riau dan Luar Riau yakni, SPN Zuarman Ahmad, SPN Heri Safrial(Eri Bob), Anggara Satria, Efi Martison. Mudah-mudahan dengan pembinaan Kesenian yang kita laksanakan dapat bermanfaat bagi peserta,” harap Reni.(YS)