Diduga Menabrak Bangkai Tongkang Kapal Layar Motor (KLM) Hati Mulia Abadi Tenggelam

0
537
KLM Tenggelam
KLM Tenggelam

 

KLM Tenggelam

KLM Tenggelam

 

Laporan: Darma

 

MERANTI (HPC) -Sebuah Kapal Layar Motor (KLM) Hati Mulia Abadi Bermuatan Palm Karnel (PM) Tenggelam, di Perairan Selat Rengit, Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kab. Kepulauan Meranti. Hari Rabu (20/09/2017).

Dari informasi keterangan yang diketahui, sekira Jam 09.00 wib, menggunakan kapal KLM Hati Mulia Abadi berangkat dari Pelabuhan Pelindo Sintete Kalimantan Barat, menuju Jalan Cut Nyak Dien Kelurahan Lubuk Gaung Kec Sungai Sembilan, Dumai Barat. Membawa Palm Karnel (PK) PT Mulia Indah yang, Beralamat Desa Sumber Harapan, Kecamatan Sambas Kab. Sambas. Provinsi Kalimantan Barat, sebanyak 500 ton.

Saat kapal tiba di Selat Rengit Desa Mekong Kec Tebing Tinggi Barat, Kab. Meranti, kapal tersebut menabrak bangkai tongkang yang tenggelam di perairan Selat Rengit. Dengan kejadian itu kapal mengalami bocor.

MENARIK DIBACA:  Dipenghujung Ramadhan Jurnalist Muda Aceh Rayakan Milad dan Bukber

Sebelum kapal tenggelam kapten kapal berupaya mencari solusi dengan memerintahkan anak buah kapal (ABK) untuk mengikat kapal di hutan, dan segera melakukan pengecekan keadaan kapal, namun tidak ditemukan adanya kebocoran.

Sekira pukul 18.00 wib, ketika arus air pasang naik, tali yang di ikat di hutan putus, lebih kurang 500 meter kapal hanyut langsung kapal tersebut tenggelam.

Dari peristiwa tenggelamnya kapal tersebut tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian material diperkirakan lebih kurang Rp. 3 Miliar.

Adapun Barang Bukti (BB) yang didapat pada kejadian itu yaitu 1 unit Kapal Layar Motor (KLM) Hati Mulia Abadi, dengan Mesin Nisan 380 TK GT 297 No 514 MP, Tonase Kotor 297, Tonase Bersih 242. Tahun pembuatan 2005, kemudian Palm Karnel (PM) sebanyak 13,423 Karung, dengan tonase sekitar 500 ton.

MENARIK DIBACA:  Pemkab Aceh Timur – Bulog MoU Rastra

Sampai Saat ini kapal tersebut masih tenggelam di perairan selat rengit untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan Di daerah kejadian Itu sudah di letakan lampu isyarat, karna mengingat daerah tersebut merupakan jalur lintas kapal yang lewat.