PEKANBARU (HPC) – Tari persembahan merupakan salah satu jenis tarian kebanggan masyarakat melayu. Sesuai dengan namanya tarian ini biasanya ditampilkan sebagai bentuk penghormatan kepada tamu yang datang. Tarian ini sudah menjadi tarian wajib untuk berbagai acara formal.

Lembaga adat melayu riau atau yang biasa disingkat lam riau bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai adat dan nilai-nilai sosial kemelayuan. Termasuk didalamnya melestarikan tari persembahan sebagai tarian khas masyarakat melayu.

Salah satu cara yang dilakukan lam riau untuk melestarikan tari persembahan ini yaitu dengan membentuk sanggar seni. Sanggar ini dikhususkan untuk mempelajari tari persembahan melayu dan berbagai budaya melayu lainnya.

Menurut penuturan datuk bambang irawan selaku pembina sanggar seni lam riau, pembinaan ini penting dilakukan sebagai bentuk upaya untuk melestarikan tari persembahan sebagai icon masyarakat melayu.

“Saat ini sudah ada sanggar seni khusus tari persembahan yang dibina langsung oleh lam riau. Tujuannya yaitu sebagai upaya untuk melestarikan budaya melayu. Jadi di sanggar ini penari-penari tersebut benar-benar diajarkan tari persembahan yang sesuai dengan adab kemelayuan” pungkas Bambang.

Sanggar seni ini beralamat di perumahan simpang tiga, kecamatan Bukit Raya. Tari persembahan binaan Lam Riau ini sudah beberapa kali tampil diberbagai acara dan menyambut berbagai tamu penting yang datang dibumi lancang kuning melayu. Diharapkan kedepannya tari persembahan ini dapat terus dilestarikan dan semakin banyak anak muda yang mau mempelajari tata cara dan adab kemelayuan dalam tari persembahan. (Rilis)