PJ.Bupati Kampar Serahkan Bantuan Benih Ikan Patin Dan Pakan Serta Bantuan Sampan Mesin Untuk Kelompok Nelayan

0
93

TAMBANG (HALUANPOS.COM)- Pj. Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus, SE, MM menyerahkan bantuan benih ikan patin dan pakan serta bantuan sampan mesin untuk kelompok nelayan Parit Jaya di Desa Parit Baru Kecamatan Tambang.

Hadir dalam kesempatan itu diantaranya Anggota DPR-RI DR. H. Syarul Aidi Maazat, Lc, M.A, kepala OPD Terkait, Camat Tambang Jamilus, Kepala Desa Parit baru Alfian yang digelar di Desa Parit Baru Kecamatan Tambang. Sabtu (2/12)

Dalam arahannya Pj. Bupati Kampar menyampaikan dari bantuan yang diberikan semua harus dirawat dan dijaga, semoga menjadi peningkatan perekonomian seluruh anggota kelompok nelayan itu.

Selain itu, Pj. Bupati Kampar meminta kepada Kepala Dinas perikanan dan kepada OPD yang memiliki program bantuan diutamakan  memberikan bantuan kepada masyarakat yang masuk dalam katagori miskin Ekstrem, didata dan verifikasi terlebih dahulu sebelum memberikan bantuan kepada masyarakat.

MENARIK DIBACA:  Sekda Kampar Buka expose Penelusuran Sejarah, Bahwa Di kampar Banyak Memiliki Tokoh Hebat

Selanjutnya Muhammad Firdaus juga menambahkan pada era sekarang ini kita dihadapi pada isu ketersediaan pangan dunia dan energi. Pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi oleh peningkatan produksi pangan telah menimbulkan masalah dan krisis pada beberapa negara. Ancaman krisis pangan global akibat ketegangan politik di berbagai negara dan perubahan iklim membutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk meningkatkan produksi pada sektor perikanan.

Muhammad Firdaus juga mengatakan ditinjau dari segi geografis dan potensi perikanan yang dimiliki oleh kabupaten kampar, maka sepatutnyalah ikan merupakan komoditi pangan penting yang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh Pj. Bupati Kampar juga menyampaikan Ikan merupakan salah satu sumber pangan hewani yang mudah diperoleh oleh segala lapisan masyarakat dengan ketersedian yang cukup dan melimpah. Nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan sudah diakui keunggulannya oleh gizi dunia. Salah satu komponen gizi penting yang terkandung  dalam daging ikan adalah dha dan epa yang membantu pertumbuhan otak dan serabut saraf serta penglihatan pada 6 bulan pertama kehidupan.

MENARIK DIBACA:  Ketua ICMI Muda Pekanbaru Isi Khutbah Idul Adha 1444H di Masjid Nurul Haq

“Dalam upaya mencerdaskan bangsa dengan mengkomsumsi ikan tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah Kabupaten Kampar semata, namun juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat”ujarnya.

Dalam laporan kegiatannya Kepala Dinas Perikanan Zulfahmi menyampaikan dalam mendukung peningkatan produksi perikanan, pemerintah kabupaten kampar memberikan paket bantuan sarana produksi perikanan kepada kelompok pembudidaya makmur sentosa dengan bantuan benih ikan patin sebanyak 10.000 ekor dan pakan ikan sebanyak 4.750 kg. Kemudian untuk  kelompok nelayan parit jaya dengan bantuan sampan   beserta mesin sebanyak 17 unit.

Pada tahun 2023 ini, pemerintah kabupaten kampar telah memberikan bantuan sarana produksi perikanan budidaya kepada 51 kelompok dengan total pembudidaya sebanyak 510 orang. Kemudian kepada kelompok nelayan 15 kelompok dengan total nelayan sebanyak 150 orang.

MENARIK DIBACA:  Semarak PAUD Kab.Kampar momentum Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Mengembangkan Keterampilan

Produksi perikanan kabupaten kampar meningkat dari tahun ke tahun dimana produksi perikanan  budida, tangkap dan perairan umum adalah 67.585 ton. Dengan jumlah penduduk sebesar 857.752 jiwa maka ketersedian ikan di kabupaten kampar adalah 78,8 kg/kap.

Ia juga menjelaskan bantuan benih ikan patin sebanyak 10.000 ekor, pakan ikan 4.750 kg, sampan dan mesin sebanyak 17 unit akan diserahkan kepada seluruh kelompok Tani di Desa Parit Baru ini.(sapii…)