Rapat Paripurna DPRD Kota Pekanbaru BahasPenyampaian Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2017

0
371
Wakil ketua DPRD Pekanbaru saat menyerah kan hasil Rapat Paripurna
Wakil ketua DPRD Pekanbaru saat menyerah kan hasil Rapat Paripurna

PEKANBARU (HPC) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menggelar rapat Paripurna tanggang penyampaian rancangan peraturan daerah (ranperda) Kota Pekanbaru tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (apbd) Kota Pekanbaru tahun anggaran 2017 di ruang rapat paripurna DPRD, Kamis (28/6).

Sekda Kota saat mengikuti Rapat Paripurna
Sekda Kota saat mengikuti Rapat Paripurna

Pemerintah Kota Pekanbaru telah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan apbd tahun anggaran 2017 berupa laporan keuangan yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan, yang telah diaudit oleh BPK-RI.

“Alhamdulillah atas kerjasama kita semua, tahun ini badan pemeriksa keuangan kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP,red) terhadap laporan keuangan pemerintah Kota Pekanbaru,” katanya.

MENARIK DIBACA:  H Ervan Lakukan Sosialisasi Perda Tentang Tenaga Kerja Lokal kota Pekanbaru di Kelurahan Tangkerang Timur
Sondia Warman Foto bersama Sekdako
Sondia Warman Foto bersama Sekdako

Pada kesempatan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru mengharapkan perhatian, kepedulian dan komitmen kita semua dengan sungguh-sungguh untuk melanjutkan penataan administrasi pengelolaan keuangan dan administrasi barang milik daerah dengan baik dan benar yang tentunya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Pengelolaan keuangan yang baik merupakan pengelolaan yang dilakukan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel mulai dari penganggaran, pelaksanaan anggaran, penata usahaan dan pelaporan.

Anggota DPRD Pekanbaru saat mengikuti Rapat Paripurna
Anggota DPRD Pekanbaru saat mengikuti Rapat Paripurna

“Saya menghimbau kepada pengguna anggaran dan pengguna barang dalam menyusun anggaran agar memperhatikan output dan outcome yang hendak dicapai serta memperhitungkan benefit atau dampak yang akan terjadi. Penganggaran, pelaksanaan anggaran, penatausahaan dan pelaporan yang tidak sesuai dengan sistem pengendalian internal dan peraturan perundang-undangan yang berlaku berakibat pada pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dan akhirnya berdampak pada opini yang diberikan oleh BPK,” paparnya.

MENARIK DIBACA:  Terkait Pengaduan Pelkes Yang Tidak Baik, Komisi III DPRD Pekanbaru Tinjau RS Awal Bros Sudirman

Adapun gambaran secara umum pertanggungjawaban apbd hasil audit bpk terhadap laporan keuangan pemerintah Kota Pekanbaru tahun anggaran 2017 sebagai berikut :
Pertama, pendapatan daerah tahun anggaran 2017 ditargetkan sebesar Rp.2,631 Triliun terealisasi sebesar Rp.2,171 Triliun atau 82,52% terjadi kenaikan realisasi sebesar Rp.81,717 miliar atau 3,91% dari realisasi tahun lalu sebesar rp. 2,089 miliar.
Kedua, belanja daerah dianggarkan sebesar Rp.2,629 Triliun terealisasi sebesar Rp.2,152 Triliun atau 81,85% terjadi kenaikan realisasi belanja sebesar rp.126,609 miliar atau 6,25% dari realisasi tahun lalu sebesar rp.2,025 miliar.

SKPD di lingkungan Pemko saat mengikuti Rapat Paripurna
SKPD di lingkungan Pemko saat mengikuti Rapat Paripurna

Ketiga, pembiayaan daerah penerimaan pembiayaan tahun anggaran 2017 diangggarkan sebesar Rp.19,679 Miliar terealisasi sebesar Rp.19,310 Miliar atau 98,13%. Terjadi kenaikan sebesar Rp.1,530 Miliar atau 8,61% dari realisasi tahun lalu sebesar Rp.17,780 Miliar.
“Sementara itu pengeluaran pembiayaan dianggarkan sebesar Rp.21,957 Miliar dengan realisasi yang sama atau 100,00%. Sementara realisasi tahun 2016 adalah sebesar Rp.62,783 Miliar,” jelasnya terperinci.

MENARIK DIBACA:  Roni Paslah : Pemko harus Sosialisasikan Aturan PSBB Secara Masif Ditengah Masyarakat
Suasana Rapat Paripurna Anggota DPRD Pekanbaru
Suasana Rapat Paripurna Anggota DPRD Pekanbaru

Demikian gambaran umum rancangan peraturan daerah Kota Pekanbaru tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kota Pekanbaru tahun anggaran 2017. (Galeri/ADV)