Sinergi Pegadaian dan IZI berikan Bantuan Usaha di Tengah Pandemi Wabah Corona

0
88

PEKANBARU (HPC)-PT. Pegadaian (Persero) dalam hal ini Pegadaian Syariah Ahmad Yani Pekanbaru bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau melakukan launching program “Lapak Berkah” Bantuan Modal Usaha, di Cafe The Gade Coffee & Gold , Jl. Sudirman, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Sabtu (19/09/2020).

Lapak berkah merupakan salah satu program pemberdayaan IZI dibidang ekonomi yang bertujuan untuk membantu ekonomi masyarakat yang membutuhkan dalam berwirausaha. Program ini berupa pemberian modal usaha tambahan kepada para pelaku usaha kecil. Modal yang diberikan berasal dari infaq dan shadaqah Nasabah Pegadaian Syariah melalui Dana Kebajikan Umat (DKU).
Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi S.Si yang melaunching langsung program lapak berkah, Sutrisno Deputi Bisni PT. Pegadaian (Persero) Area Pekanbaru, Pemimpin Cabang Syariah Ahmadyani Vivia Notalia dan Abu Daud selaku Kepala Perwakilan IZI Riau. Selain itu, turut hadir pula 10 orang penerima manfaat yang merupakan pedagang makanan dan minuman yang berjualan di area Kota Pekanbaru.

MENARIK DIBACA:  Ketua DPW PBB Riau Turun dan Motivasi kader Di Kabupaten

Dalam sambutannnya, Bapak Ayat Cahyadi mengapresiasi bantuan yang diberikan PT. Pegadaian Syariah sinergi dengan IZI kepada pedagang kecil yang terkendala modal dan tempat usaha di tengah pandemic wabah corona.

“Kami mengapresiasi IZI dan Pegadaian Syariah dalam program lapak berkah ini sangat membantu ekonomi masyarakat dan pemerintah agar menjadikan pekanbaru sebagai Kota Madani dan Smart City termasuk dalam meninggkatkan kualitas SDM “sumber daya manusia”, khususnya ditengah wabah pandemic ini agar mampu bertahan dan berkembang dalam usaha”. Ujar Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi. Kemudian beliau menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap COVID-19 dengan menjaga jarak, menjaga kebersihan dalam kehidupan, jauhi kerumunan, memohon doa perlindungan dari wabah ini, khususnya kepada penerima manfaat yang akan berjualan.

MENARIK DIBACA:  The Nancy’s Hotel, Budget Hotel termurah di Pekanbaru

Selain itu, Sutrisno Deputi Bisni PT. Pegadaian (Persero) Area Pekanbaru juga mengajak dan memberikan motivasi kepada penerima manfaat agar menjadi masyarakat yang mandiri. Beliau berpesan bahwa Lapak Berkah ini sebagai modal awal berwirausaha kemudian juga harus diringi dengan pengetahuan, skill atau keahlian, semangat dalam berjualan, dan juga berinvestasi, salah satunya dengan menabung emas sebagai harapan dan modal di masa depan.

Dikesempatan yang sama, Kapala Perwakilan IZI Riau, Abu Daud juga mengatakan dalam sambutannya bahwa program ini diharapkan bisa membantu pemerintah daerah agar bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan. “Program Lapak Berkah ini juga tepat sasaran karena sudah dilakukan assessment atau peninjauan kepada penerima manfaat yang benar-benar membutuhkan. Kemudian beliau juga berterimakasih kepada PT. Pegadaian Syariah dan berharap mudah – mudahan ini sebagai langkah awal dalam berkolaborasi pada program selanjutnya” jelasnya.

Sepuluh penerima manfaat yang dibantu dalam program Lapak Berkah ini merupakan pelaku usaha kecil yang berjualan minuman air tebu, air kelapa, coffee, es rumput laut , cendol dan makanan seperti gorengan , bakso bakar dan aneka kue. Salah satunya Suratman (50 thn), ia berjualan aneka minuman di Jl. Harapan Raya Pekanbaru. Beliau akrab dipanggil pakde ini menuturkan bahwa dirinya merasa sangat terbantu atas bantuan kerjasama dari IZI dan PT. Pegadaian ini “saya berterimakasih sekali sudah diberikan bantuan apalagi ditengah pandemic ini, memang susah cari yang orang yang beli dagangan saya, tapi dengan adanya tambahan modal usaha ini mudah- mudahan bisa bermanfaat membantu rakyat kecil”, tuturnya.

MENARIK DIBACA:  Pengeoperasian TMP Besar Tanpa Ada Perekrutan Tenaga Baru

Rangkaian acara launching ini ditutup dengan penyerahan simbolis bantuan kepada penerima manfaat, kemudian berdoa dan foto bersama, sambil menikmati coffee dan hidangan yang telah disediakan oleh Cafe The Gade Coffee Pekanbaru.  (Rilis)
(IZI Riau/Era_Linsiana)