Tiga Pilar Kelurahan Pematangkapau Turlap dan Serahkan Sembako Warga Terdampak Banjir

0
175

PEKANBARU (HALUANPOS.COM)- Banjir dadakan akibat luapan air Sungai Sail pasca diguyur hujan selama 9 jam, Rabu (6/9/2023) menyebabkan 37 rumah terendam banjir. Sebagian dari warga memutuskan mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi.

Pengungsian warga yang terjadi setelah hujan reda cukup mengejutkan tiga pilar Kelurahan Pematangkapau. Tindakan segera dilakukan Lurah Pematangkapau, Bhabinkamtibmas, Babinsa, beserta Forum RTRW meninjau langsung warga terdampak.

“Kami sekaligus juga menyerahkan paket sembako ke warga yang mengungsi, karena kami nilai sangat urgen dan itu emergency,” ujar Lurah Pematangkapau, Tar Ajaman, S.Sos didampingi Bhabinkamtibmas Bripka Ari Marenda S.Sos, Babinsa Serka Asikin, Kopda Iwan K, Ketua Forum RTRW Ridwan Alkalam dan Ketua RT setempat.

MENARIK DIBACA:  Antar Formulir Pendaftaran ke DPC PDIP Pekanbaru, Endang Sukarelawan Dikawal Laskar PNBR serta Diarak Kompang dan Silat

Lurah juga segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial, BPBD Kota Pekanbaru dan dinas terkait lainnya untuk langkah antisipasinya. Hal ini penting karena wilayah Kelurahan Pematangkapau yang terletak di sisi Sungai Sail sangat rentan terdampak. “Luapan air dari wilayah Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya dan air dari hulu Sungai Sail mengalir dan meluap di Sungai Sail yang melintasi Kel. Pematangkapau,” tandas Tar Ajaman.

Diketahui, wilayah lainnya yang terdampak banjir dadakan akibat guyuran hujan terparah, RT03 dan RT05 di RW11 dan RT01 di RW08. Beberapa wilayah lainnya juga di RW02, RW03, RW05 dan RW12.

“Kepada warga terdampak, kita harap bersabar, karena kita dari pemerintah terus mencari solusi terbaik, selain tindakan cepat yang dilakukan,” tutup Lurah Tar Ajaman.(rid) rls

MENARIK DIBACA:  Keroncongantar Umumkan Layanan Baru Fitur 'Pasar'