Kadis Persip Suwarto: Jadikan Generasi Tangguh dengan Meningkatkan Minat Baca

0
50
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan fasilitasi 3 Sekolah Dasar melalui program Anak Bengkalis Gemar Membaca (02/03/2019)

BENGKALIS (HPC) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis terus berupaya menarik minat baca masyarakat khususnya di kalangan pelajar.

Melalui program Anak Bengkalis Gemar Membaca, Sabtu, 2 Maret 2019, Dispersip memfasilitasi pelajar di tiga Sekolah Dasar untuk belajar dan bermain di halaman kantor Dispersip.

Kali ini pelajar yang didatangkan pelajar SD Negeri 1, SD Negeri 5 dan SD Negeri 50 Bengkalis.

“Selain untuk meningkatkan minat baca, tujuan lain kami agar bertambah kegiatan positif mereka. Kami ingin generasi ini menjadi generasi tangguh,” sebut Kadis Persip H Suwarto disela-sela acara.

Suwarto menyebut, pelajar hari ini adalah generasi penerus yang akan menjadi pemimpin negeri, ia berharap melalui program yang dicanangkan Dispersip akan mampu mendorong lahirnya generasi emas.

“Kami hadir bukan hanya sebatas melaksanakan tugas negara tapi ini juga panggilan jiwa untuk turut menciptakan generasi yang membanggakan, sebagai orang tua, kita tidak boleh menelantarkan, beri mereka ruang untuk tampil, belajar dan berkreasi” sambungnya.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca Dispersip Hj Yana Susilayeni menjelaskan, kegiatan hari ini dimulai dengan senam sehat dipandu komunitas Gerakan Generasi Muda Edukatif (Gegame).

Kemudian mendongeng, membaca buku 15 menit dan menceritakan isi bacaan. Selingan permainan dan kuis berhadiah menambah meriah suasana.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan buku bacaan sebanyak 70 eksemplar, diserahkan Kadis Persip H Suwarto dan diterima Kepala Sekolah SD Negeri 4 Bengkalis, Nur Zairina.

Program Anak Bengkalis Gemar Membaca ditanggapi positif oleh Kepala Sekolah SD Negeri 4 Bengkalis, Nur Zairina, menurutnya,  upaya Dispersip untuk menarik minat baca pelajar sangat bagus.

“Minat baca anak sekarang sedikit menurun,  dengan cara seperti ini minat baca anak di sekolah tentu akan tumbuh, kami dari pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini,” ungkap Nur sembari berharap program berkelanjutan. (Rls/Oji)