Pemkab Rohil Kembali Raih Penghargaan Proklim Lestari Tingkat Nasional

0
47

Rokan Hilir (HPC) – Kendati masih berada dalam situasi pandemi Covid19, namun hal itu tidak menyurutkan Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan Hilir (Rohil) mengukir prestasi, salah satunya dengan diraihnya penghargaan Proklim Lestari tingkat nasional pada tahun 2020 ini.

Pada tahun ini Kepenghuluan Mukti Jaya, dan sertifikat proklim untuk pondok idola ivomas kepenghuluan Balam jaya kecamatan Balai jaya kata kadis DLH Rohil Suwandi Rabu 21/10 2020.

“Untuk Proklim tahun inibkita kembali mendapatkan Proklim Lestari yakni Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang dan sertifikat proklim untuk pondok idola ivomas kepenghuluan Balam jaya kecamatan Balai jaya” jelas Suwandi.

Lanjut Suwandi Untuk penghargaan akan diserahkan oleh Menteri LHK pada Jumat 23 Oktober 2020 mendatangan di Manggala Wanabakti Jakarta.

MENARIK DIBACA:  Tampil Memukau, Rombongan Pawai Ta'aruf Meranti Siap Jadi  Juara Pada MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi Riau

“Insya Allah akan diterima oleh Penghulu Mukti Jaya Yuhono,”tambah Suwandi.

Untuk Proklim Lestari ini hanya ada 6 lokasi yang mendapat penghargaan tahun 2020 ini.

“Salah satunya Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang. hal ini berdasar kan Verifikasi Proklim Lestari yang dilakukan secara Virtual pada tanggal 19 September 2020 yang lalu,”papar suwandi lagi.

Suwandi juga  menerangkan, bahwa Proklim Lestari adalah penghargaan yang diberikan kepada lokasi Proklim Utama yang secara berkelanjutan melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta berhasil membina minimal 10 lokasi Proklim yang telah mendapatkan Penghargaan dan tetdaftar di Sistem Registri Nasional (SRN) Pengendalian perubahan Iklim di Kemen LHK.

“Proklim Mukti Jaya mendapatkan penghargaan Proklim Utama tahun 2012 dan merupakan Proklim pertama di Indonesia bersama 6 lokasi Proklim lainnya, ini merupakan satu-satunya Proklim utama diluar Jawa dan Bali pada tahun 2012 yang lalu,”ungkapnya.(Rilis/Jul).

MENARIK DIBACA:  Gubernur Riau Resmikan Gerai UMKM IKAROHIL di Duri